English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jul
02

Busi

Busi merupakan hal yang sangat vital bagi kendaraan bermotor. Bisa dikatakan jantung dari motor itu sendiri. Kenapa? Karena kalau busi tidak bisa memercikkan bunga api motor pun tidak akan bisa hidup. Sama seperti manusia bukan? Kalau busi bisa diganti namun sayang jantung kita tidak ada onderdilnya dipasaran hehe. Well sebelum membahas lebih jauh komponen-komponen yang terdapat pada busi ada baiknya kita simak sedikit celotehan-celotehan tentang busi ya.

Busi, atau bahasa kerennya Spark plug, adalah piranti untuk memberikan percikan bunga api guna membakar campuran bahan bakar dan udara yang telah dikompresikan kedalam ruang bakar. Arus listrik tegangan tinggi dari koil berasal dari koil yang disalurkan melewati distributor. Apa itu koil dan apa juga distributor? Bagi yang begitu paham silahkan menngu bahasan postingan saya berikutnya ya!?. Lanjut, Pada saat bekerja busi akan mengalami perubahan tekanan dan temperature tinggi. Temperatur elektroda busi bisa mencapai 1800 derajat celcius. Temperatur ini akan turun drastic pada langkah isap karena didinginkan oleh campuran bahan bakar dan udara. Walaupun konstruksinya sangat sederhana jangan diremehkan! Busi bisa bertahan pada kondisi kerja yang sangat berat, yaitu harus memiliki resistan panas yang tinggi, perubahan tekanan dan daya tahan listrik yang baik.

Berikut gambar busi dan strukturnya beserta penjelasannya,




Mur : Untuk menguhubungkan electrode tengah dari kabel busi

Corrugation : Mencegah lompatan api yang berlebihan dari terminal

Keramik Insulator : Mencegah kebocoran listrik dari elektrode tengah ke kepala silinder

Casing : Menghilangkan panas akibat pengapian yang terlambat

Gas Tight Sealing : Inti dari busi tersebut

Tahanan : Mencegah tergangunya radio akibat lompatan api

Gasket : Mencegah susupan gas pembakaran

Inti Chopper : Memindahkan panas dari electrode tengah

Insulator Nose : Menentukan tingkat panas busi

Elektode Tengah : Meneruskan arus tegangan tinggi

Elektrode Negatif : Memperbesar bunga api agar pembakaran lebih sempurna

Untuk bahasan mengenai komponen sistem pengapian yaitu busi cukup sampai disini. Dan untuk pembahasan mengenai tips-tips merawat busi dan troubleshootingnya akan menyusul di postingan berikutnya.
Semoga bermanfaat :)

Baca juga

Komponen Pengapian


    0 komentar:

    :)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

    Posting Komentar

    Bila menggunakan emoticon cukup copy dan paste saja,
    "Budayakan berkomentar setelah membaca ya :)"

    support
    ENJOY YOUR SURFING . . .




    Penguin
     

    About Me

    Foto saya
    Pare Kediri, Jawa Timur, Indonesia
    I'am simply my self
    Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif - Angkatan 2007
    Universitas Negeri Malang

    Contact Information :
    honey_kurptx@yahoo.co.id
    Study with Me if not now when?Study with Me if not now when?


    AddEmoticons00430




    BlogUp

    Komentar terbaru