Hello Automotive Lover’s :) apa kabar?. Ok kali ini saya akan bahas mengenai Motor 2 Tak dan 4 Tak. Mungkin diantara pecinta Otomotif sudah tau dan mengerti mengenai motor 2 Tak dan 4 Tak tapiu mungkin pula yang hanya tau tapi tidak mengerti arti TAK itu apa sih? Langsung saya bahas aja ya.
Apa itu Tak? Tak bisa dikatakan gerakan/langkah piston bolak balik dari atas ke bawah begitu seterusnya di dalam silinder. Gerakan piston ke atas mempunyai limit batas yang disebut TMA (Titik Mati Atas) dan pada saat bergerak kebawah disebut TMB (Titik Mati Bawah). Sampai disini ada yang masih bingung? Kalu tidak kita lanjut ke
Motor 2 Tak. Pengertiannya adalah dalam 1 gerakan piston di dalam silinder dihasilkan 2 langkah kerja sedangkan poros engkol berputar 1 kali 360 derajat.
Prinsip kerjanya!
Tahap Proses masuknya gas, kompresi dan pembakaran
1.Piston bergerak dar TMB menuju TMA
2.Di barengi dengan membukanya lubang saluran masuk. Gas dari terhisap masuk ke dalam ruang poros engkol.
3.Gas yang berada di atas piston kemudian akan dikompresikan.
4.Saat piston hampir mencapai TMA, busi akan memercikkan bunga api listriknya dengan membakar gas yang telah terkompresi tadi.
Tahap Proses kerja, kompresi, buang dan pembilasan
1.Gas dalam silinder yang telah terbakar tadi meledak dan mendorong piston menuju ke TMB. Dengan tekanan kebawah piston tadi tenaga di teruskan ke poros engkol dengan merubah gaya tegak lusrus menjadi gaya putar.
2.Kemudian katup buang membuka dan gas sisa pembakaran tadi akan keluar melalui saluran buang dalam silinder menuju pipa kenalpot.
3.Kemuadian lubang salran bilas akan terbuka oleh piston dan membersihkan sisa-sisa gas buang yang masih tertinggal di dalam silinder dan seketika itu pula gas baru akan mengisi ruang silinder dan prosesnya berulang dari point 1 pada tahap proses masuknya gas. Hal ini akan terus berlangsung saat motor dalam keadaan hidup.
Motor 4 Tak. Pengertiannya adalah dalam 1 kali usaha memerlukan 4 kali gerakan piston dan putaran poros engkolnya sebanyak 2 kali yang disertai terbukanya katup isap dan katup buang masing-masing sebanyak 1 kali.
Prinsip kerjanya!
Langkah isap
Katup isap terbuka katup buang menutup. Piston bergerak dari TMA menuju TMB. Seketika itu pula piston mengalami pembesaran volume yang mengakibatkan ruang dalam silinder vakum. Perbedaan tekanan udara luar dan ruang dalam silinder akan mengakibatkan udara akan mengalir dan bercampur dengan bensin di karburator untuk membentuk gas. Selanjutnya gas tersebut mengalir ke dalam ruang silinder melalui saluran masuk dan katup isap.
Langkah kompresi
Keadaan katup isap dan buang menutup. Piston akan bergerak dari TMB menuju TMA. Pada saat ini ruangan di atas piston volumenya mengecil sehingga campuran bahan bakar dan udara/dalam kata lain gas akan termampatkan dan tekanan dan suhu gas tersebut akan naik. Beberapa derajat sebelum TMA busi akan memercikkan bunga api dan membakar campuran udara dan bahan bakar tersebut.
Langkah kerja
Katup isap dan buang masih dalam keadan menutup. Piston bergerak dari TMA menuju TMB. Karena proses pembakaran tadi menimbulkan tekanan yang tinggi kesegala arah yang mendorong piston bergerak menuju TMB.
Langkah buang
Katup isap menutup dan katup buang membuka. Setelah mesin menghasilkan energi yang diperoleh dari ledakan gas tadi pada langkah kerja. Piston bergerak dari TMB menuju TMA dan mendorong gas sisa pembakaran menuju keluar melalui katup buang.
Semoga ilmu yang saya berikan bermanfaat :)
Motor 2 Tak dan 4 Tak
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar
Bila menggunakan emoticon cukup copy dan paste saja,
"Budayakan berkomentar setelah membaca ya :)"